EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Bersihkan Udara dengan Lidah Mertua

26 February 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 106 Kali

Bersihkan Udara dengan Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua termasuk salah satu tanaman hias yang sudah merakyat. Harganya murah, gampang dicari, banyak yang tanam, dan mudah dipelihara. Bagi para pemula cocok tanam, lidah mertua atau Sansevieria trifasciata masuk ke dalam peringkat atas tanaman yang direkomendasikan. Berlaku juga bagi kamu yang sibuk tetapi ingin punya tanaman dalam rumah, lidah mertua tidak perlu perlakuan khusus dan bisa jadi pembersih udara yang baik.

Sudah lama tumbuh di Indonesia, S. trifasciata adalah tanaman pendatang dari Afrika tropis. Dia telah dibawa hampir ke seluruh penjuru dunia sebagai tanaman hias. Alasan kuat banyaknya orang menanam adalah kemudahan pemeliharaan. Lidah mertua mudah beradaptasi di berbagai lingkungan. Dia bisa tumbuh antara suhu 4.4°C hingga 29.4°C, penyiraman hanya perlu dilakukan ketika permukaan tanah mulai mengering, pemupukan juga bisa dilakukan setahun sekali dan yang terpenting tumbuh baik dalam ruangan.

Tidak hanya tumbuh dengan baik, lidah mertua bisa segarkan udara dengan kemampuannya menyerap berbagai polutan dan menangkal radiasi. Hal tersebut berdasarkan penelitian NASA yang telah dipublikasikan sejak tahun 1993. Ketika diletakkan di meja kerja, lidah mertua bisa membantu menangkal radiasi komputer dan alat elektronik lainnya. Dia juga mampu menyerap formaldehida, benzena, dan trikloroetilena.

Baca juga: Lima Menit Bersama Alam untuk Tingkatkan Mood

Mudahnya kita terpapar ketiga polutan di atas membuat keberadaan tanaman dalam ruang menjadi penting, apalagi dengan banyaknya waktu yang kita habiskan di dalam ruangan tertutup. Menanam lidah mertua bisa jadi solusi sehat agar udara menjadi bersih, cukup oksigen, dan penyegar mata ketika penat bekerja.

 

Referensi: idntimescabinasawikihow


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph