EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Selain cantik, manfaat bunga kertas ini dapat menyerap polusi udara tingkat tinggi (Bougainvillea spectabilis willd)

06 March 2020 kategori Jurnal

Penulis: Nanda Indah Octavioni

Dibaca: 112 Kali

Bunga kertas atau Bougainvillea spectabillis willd adalah tanaan yang berasal dari Amerika selatan. Pada waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak yang memiliki seludang bunga. Tanaman ini disebut bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri – ciri seperti kertas. Nama Inggris bunga ini adalah bougainvillea yang diambil dari nama Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit angkatan laut Prancis. 

Klasifikasi tanaman bougainville
Menurut Plantamor, 2011 susunan klasifikasi dari Bougainvillea spectabilis yaitu:
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Class : Dicotyledoneae
Ordo : Caryophyllales
Family : Nyctaginaceae
Genus : Bougainvillea
Spesies : Bougainvillea spectabilis

Tanaman bougenville termasuk tanaman perdu tegak, tinggi tanaman kira-kira 2-4 meter. Sistem perakarannya  adalah tunggang. Dengan akar-akar cabang yang melebar ke semua arah dengan kedalaman 40  cm – 80 cm.

Selain mempunyai unsur estetika, tanaman ini mempunyai banyak manfaat, seperti untuk hiasan rambut, campuran bunga untuk upacara siraman, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi bangsa Tiongkok dan India.

Bahkan ada sebuah artikel dari netralnews.com yang berjudul 

Pemprov DKI Inisiasi Gerakan 200 Taman 2 Juta Tanaman untuk Udara Bersih

Minggu, 18 Agustus 2019 | 15:08 WIB

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta menginisiasi Gerakan 200 Taman 2 Juta Tanaman sebagai tindak lanjut Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara Jakarta. https://www.netralnews.com/news/megapolitan/read/183990/pemprov.dki.inisiasi.gerakan.200.taman.2

ada sebuah kutipan 

"Kita ingin mewujudkan Jakarta menjadi kota lestari. Artinya apa? Yang kita manfaatkan merupakan pinjaman generasi anak-cucu kita. Maka dari itu, kita harus wariskan kota ini dalam keadaan baik. Memastikan hal itu adalah tanggung jawab kita bersama," kata Anies.

Dirinya juga menjelaskan, keistimewaan dari tanaman bunga bougenville yang dipilih untuk ditanam sepanjang Jalan Sudirman - MH. Thamrin ini, selain berdaya serap polusi udara yang tinggi, tanaman bougenville juga memiliki unsur estetika yang memukau, dan dapat menghilangkan stress.

"Tadi disampaikan tanaman bougenvile sebagai tanaman penyerap polusi udara tingkat tinggi dan saya berharap nanti di Jakarta ditanami tanaman yang sesuai dengan relevansi kebutuhannya," ujarnya.

Selain itu, Anies juga menekankan, penamaman bunga bougenville ini merupakan bentuk kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan berbagai instansi dan komunitas di bidang lingkungan hidup, serta warga, karena Gubernur Anies ingin setiap warga Jakarta memiliki kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungannya.

Dilihat dari ekologisnya tanaman ini toleran terhadap rentang curah hujan tahunan yang luas dari 400 – 3000 mm per tahun dengan kelembapan 70 – 85 %. Pertumbuhan terbaik kembang kertas bila rata-rata temperatur tahunan 19 – 27°C. Kembang kertas tumbuh pada ketinggian 400 – 1500 dari permukaan laut. Kembang kertas memerlukan intensitas cahaya tinggi. Tumbuhan kembang kertas tumbuh baik pada pasir berdrainase baik, tanah liat dengan pH 5 – 6.5. Tetapi juga tumbuh dengan baik pada lahan berpasir asam, tidak toleran terhadap air yang berlebih. Pada lahan yang memiliki humus subur dan lapisan tanah dibawahnya asam.

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, bougainville ini mempunyai fungsi arsitektural, yaitu memberi massa ruang, pembagi ruang, dan pembatas (border).


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Nanda 3 weeks ago

Di Institut teknologi sumatera terdapat tanaman bougainvillea di dekat Gedung C

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph