EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Seperti Bajing, Tupai Kecil Senang Bermain di Pohon

09 April 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 71 Kali

Seperti Bajing, Tupai Kecil Senang Bermain di Pohon

Tupai tidak seperti bajing yang menghabiskan sebagian besar waktunya di antara dahan-dahan pohon. Mereka mencari makan dan bermain di lantai hutan. Tetapi ada satu spesies tupai yang senang berada di pohon, yaitu tupai kecil atau Tupaia minor. Meskipun cakupan jelajahnya luas, dari lantai hutan hingga kanopi pohon, tetapi dia banyak mencari makan, berlari, bermain, bahkan istirahat di antara rimbunnya ranting.

Baca juga: Satwa liar yang hidup di Sumatera ini dijuluki Oreo

Kesukaannya berada di pohon didukung oleh adanya cakar tajam melengkung pada tangan dan kaki yang membuatnya bisa memanjat dengan mudah. Sekilas T. minor akan mirip bajing karena memiliki ekor panjang dan berbulu lebat. Namun ketika melihat moncongnya yang runcing seperti tikus kita akan tahu dia adalah tupai.

Foto Tupaia minor (Kredit foto oleh Alex Vargas: link foto )

Tupai kecill merupakan satu dari lima belas jenis tupai yang tinggal di Indonesia. Dia bisa ditemukan di Kalimantan dan Sumatera dengan habitat di hutan tropis pada ketinggian di bawah 1.000 m dpl. Di Kalimantan, tupai kecil masih umum dijumpai tetapi di Sumatera keberadaannya sulit ditemukan. Selain di Indonesia mereka juga tinggal di Malaysia dan Thailand.

Referensi: wikipediaanimaldiversityiucnredlistanimaldiversity


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph