EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Si Ekor Biru di Tepi Danau Toba

22 June 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 123 Kali

Si Ekor Biru di Tepi Danau Toba

Warna cerah bulu burung luntur sumatera (Apalharpactes mackloti) terlihat jelas di antara rimbunnya pohon di tepi Danau Toba. Di sini merupakan bagian dari habitat mereka yang endemik Pulau Sumatera. Rumah mereka merupakan hutan hujan tropis pada ketinggian 750-2200 m dpl yang terhampar di bagian barat Pulau Sumatera.

Saat ini status konservasi A. mackloti adalah beresiko rendah, yang berarti belum terancam punah. Alasannya, karena jumlah populasinya yang stabil di alam. Meskipun begitu, sebagai satwa endemik mereka termasuk satwa yang dilindungi oleh Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 dan PP Nomor 7 tahun 1999.

Warna bulu cantik menjadi daya tarik tersendiri bagi A. mackloti. Bulu bagian atas (sayap dan punggung) berwarna hijau kebiruan, sedangkan bagian punggung bawah berwarna abu-abu. Bercak kuning ada pada bagian tenggorokan dan perut. Warna biru terang pada ekor panjangnya menjadi ciri khas mereka yang pernah diduga satu spesies dengan burung luntur Jawa (Apalharpactes reinwardtii), karena kemiripan warnanya.

 

Sumber:

ttp://www.mongabay.co.id/2018/06/18/foto-satwa-liar-penjaga-ekosistem-danau-toba/

http://datazone.birdlife.org/species/factsheet/Sumatran-Trogon

http://www.iucnredlist.org/details/22730186/0


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph