EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Telur Serangga yang Mampu Bertahan dalam Pencernaan

05 June 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 120 Kali

Telur Serangga yang Mampu Bertahan dalam Pencernaan

Banyak serangga dari ordo Phasmatodea, yang disebut sebagai belalang tongkat karena memiliki bentuk badan yang menyerupai ranting pohon. Ramping, lurus, kaku dan berwarna coklat atau kehijauan. Kamuflase tubuh ini membantu mereka agar selamat dari incaran predator. Namun, ketika tidak bisa menghindar dan dimangsa predator, mereka masih memiliki satu kesempatan lagi untuk menyelematkan keturunannya. Bagaimana?

Ketika si belalang tongkat dimakan burung, sekitar 5-20% telur yang ada dalam perutnya dapat bertahan dalam sistem pencernaan burung dan keluar bersama feses. Lingkungan yang hangat mampu mendukung setidaknya satu telur untuk menetas dan mempertahankan keberadaan spesies ini. Keunikan ini ditemukan oleh peneliti dari Kobe University dan sudah diterbitkan dalam jurnal Ecology.

Para peneliti menduga, karena kemampuan inilah mengapa si belalang tongkat tersebar luas dan bisa ditemukan di seluruh benua, kecuali Antartika. Cara ini mirip cara persebaran tanaman yang menggunakan bantuan burung pemakan buahnya, sebagai agen penyebar biji ke tempat baru. Meskipun bagi belalang tongkat, cara ini bukanlah metode utama untuk berkembang biak. Tetapi tetap saja bermanfaat agar spesies mereka bisa bertahan.

 

Sumber:

https://www.sciencealert.com/stick-insects-deadly-bizarre-way-expanding-habitat-spreading-genes


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph