EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Tumbuhan juga Tak Ingin Sakit Saat Hujan

11 November 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 92 Kali

Tumbuhan juga Tak Ingin Sakit Saat Hujan

Selain matahari, air menjadi faktor penting bagi pertumbuhan tanaman. Tetapi air juga menjadi media nomor satu pembawa sumber penyakit yang tidak disukai tanaman. Sehingga saat diguyur hujan, otomatis tanaman masuk ke mode panik dan mengaktifkan perlindungan diri.


Setetes air yang jatuh akan tersebar ke segala arah dalam radius sepuluh meter. Tetesan ini mungkin saja membawa virus, bakteri, dan spora jamur. Setelah kontak dengan air hujan, lebih dari 700 gen dalam tanaman akan bereaksi dengan merubah ekspresi protein dan keseimbangan hormon selama sekitar sepuluh menit. Tetapi reaksi akan terus berulang jika tanaman diguyur hujan dalam waktu lama. Bahkan reaksi bisa berdampak negatif karena memperlambat pertumbuhan dan pembungaan.

Baca juga: Katak yang Terpanggil oleh Hujan


Reaksi defensif seperti di atas dipicu oleh munculnya protein Myc2. Protein berperan sebagai sinyal dan diedarkan dari daun ke daun. Sehingga mekanisme defensif menjadi aktif. Tumbuhan juga memberikan sinyal untuk tanaman di sekelilingnya dengan memproduksi asam jasmonat supaya mereka juga masuk ke mode defensif.

Referensi: Science alertPhyssci-news


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph