EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Utricularia Si Karnivora yang Lebih Kuat dari Pesawat

21 October 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 135 Kali

Utricularia Si Karnivora yang Lebih Kuat dari Pesawat

Selain kantong semar, masih ada banyak jenis tanaman karnivora. Sebut saja genus Utricularia. Semua spesies anggota genus Utricularia yang berjumlah lebih dari 200 adalah tanaman karnivora air. Mereka dikenal cepat dan kuat dalam menghisap mangsanya. Bahkan lebih kuat dibanding gaya yang diperlukan untuk menerbangkan pesawat.


Kecepatan Utricularia dalam menghisap mangsa jauh di luar batas penglihatan manusia. Yaitu setengah milidetik saja. Jauh lebih cepat dibanding tanaman karnivora Venus yang perlu 100 milidetik. Sebagai gambaran, kecepatan mata manusia berkedip adalah 100-150 milidetik.


Saat menghisap mangsa, Utricularia menggunakan gaya hingga 600 kali gaya gravitasi bumi. Sangat kuat karena saat menerbangkan pesawat, gaya yang diperlukan hanya 12-14 kali gaya gravitasi bumi. Kombinasi kecepatan dan kekuatan Utricularia membuat mangsa tidak bisa lolos saat sudah terjebak perangkap.

Baca juga: Badut Pelana, Si Kecil yang Kuat


Perangkap berukuran 0.2 mm-1.2 cm tergantung spesiesnya. Bentuk perangkap berupa saluran tabung panjang dengan ujung luar diselimuti rambut-rambut halus. Rambut ini sensitif terhadap gerakan dan saat terstimulasi oleh gerakan hewan yang lewat, otomatis memicu saluran agar mengembang untuk menghisap air sekaligus mangsa yang lewat.

 

Referensi: WikipediaKompasBotanyWikipedia 2


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph